Kamis, 06 Maret 2014

Cara Alami Meningkatkan Kekebalan Tubuh - Kesibukan sehari-hari serta perubahan cuaca yang ekstrim dapat mempengaruhi kesehatan seseorang. Jika daya tahan tubuh tidak bagus tentu saja dapat mendatangkan penyakit. Agar senantiasa sehat, bugar dan mencegah timbulnya penyakit, kekebalan tubuh merupakan faktor penting.

cara meningkatkan daya tahan tubuh
Supaya daya tahan tubuh bagus kita harus rajin berolahraga dan makan-makanan yang sehat. Namun bagaimana bila aktivitas yang padat membuat kita tak sempat melakukan olahraga? Tidak perlu kuwatir berikut cara alami meningkatkan daya tahan tubuh, seperti dikutip dari Times of India

Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Secara Alami

1. Perbanyak Waktu Istirahat
Kurang tidur meningkatkan kadar protein yang terkait dengan peradangan dan mengurangi kekebalan tubuh alami. Pastikan Anda tidur minimal 7 sampai 8 jam setiap malam.

2. Berjalan-jalan atau Beraktivitas Ringan
Aktivitas fisik dapat membantu menjaga kekebalan tubuh secara alami. Penelitian menunukkan, orang yang berolahraga selama 5 hari dalam seminggu lebih tahan terhadap pilek dan flu.

3. Konsumsi cukup vitamin C
Vitamin C membantu menghasilkan komponen yang lebih alami untuk membunuh kuman. 400 miligram vitamin C diperlukan per hari. Vitamin C alami bisa didapatkan dari paprika, jeruk, atau strawberry.

4. Cukupi Kebutuhan Vitamin D
Ternyata kekurangan vitamin D dapat mengurangi sistem imun pada tubuh, pastikan kebutuhan vitamin D anda terpenuhi. Konsumsi dari susu, sereal, ikan salmon, dan telur.

5. Konsumsi Buah dan Sayuran
Kandungan nutrisi pada buah-buahan dan sayuran dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh.

6. Konsumsi Zat Besi
Zat besi membantu meningkatkan kekebalan tubuh, bahkan dapat melawan sel kanker. 12 miligram kebutuhan sehari dapat diperoleh dari kepiting, kerang, daging unggas, kacang-kacangan, kacang mete, dan yoghurt.

7. Konsumsi Ikan
Asam lemak esensial omega-3 yang terdapat dalam ikan dapat meningkatkan daya tahan tubuh secara alami. Jika Anda seorang vegetarian dan tidak tahan aroma ikan, makan suplemen minyak ikan.

8. Konsumsi Kacang-kacangan
Sangat bermanfaat bagi jantung yang sehat, kandungan Vitamin E mampu meningkatkan respon kekebalan tubuh.

9. Konsumsi Biji-Bijian
Beras coklat, gandum, barley, dan bentuk-bentuk serupa lainnya dari gandum mengandung komponen yang kaya nutrisi seperti serat, protein dan anti-oksidan yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

10. Atasi Stres dengan Benar
Stres dan kekebalan berjalan beriringan. Stres yang ekstrim dapat mengurangi sel pembunuh alami dan membuat tingkat kekebalan berkurang. Lakukanlah beberapa kegiatan lain untuk menurunkan tingkat stres.
Sumber :
http://www.bloggergubug.com/2013/05/cara-alami-meningkatkan-daya-tahan-tubuh.html

0 komentar:

Posting Komentar