Kamis, 06 Maret 2014

Definisi Sistem - Posting kali ini mengenai pengertian sistem yang dirangkum dari buku karya Jogiyanto H.M yang berjudul pengenalan komputer. Artikel ini hanya untuk arsip pembelajaran saja, tidak kurang tidak lebih. Semoga saja bermanfaat.

pengertian sistem

Pengertian Sistem

Secara umum sistem dapat dikatakan suatu kelompok dari bagian-bagian tertentu yang saling berhubungan guna mencapai suatu tujuan tertentu. Sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri dari dua atau lebih komponen atau subsistem yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan.

Suatu sistem dapat terdiri dari sistem-sistem bagian (subsystem). Sebagai misal, sistem komputer dapat terdiri dari subsistem perangkat keras dan subsistem perangkat lunak. Masing-masing subsistem dapat terdiri dari subsistem-subsistem yang lebih kecil lagi atau terdiri dari komponen-komponen. Subsistem perangkat keras (hardware) dapat terdiri dari alat masukan, alat pemroses, alat keluaran dari simpanan luar. Subsistem-subsistem saling berinteraksi dan saling berhubungan membentuk satu kesatuan sehingga tujuan atau sasaran sistem tersebut dapat tercapai. Interaksi dari subsistem-subsistem sedemikian rupa, sehingga dicapai suatu kesatuan yang terpadu atau terintegrasi (intregrated).

Karakteristik Sistem

Suatu sistem mempunyai karakteristik atau sifat-sifat tertentu sebagai berikut :
  1. Komponen Sistem
    Sejumlah komponen yang saling berinteraksi, saling bekerja sama membentuk satu kesatuan.

  2. Batasan Sistem
    Batasan sistem merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lainnya atau dengan lingkungan luarnya.

  3. Lingkungan Luar Sistem
    Lingkungan luar dari suatu sistem adalah apapun diluar batas dari sistem yang mempengaruhi operasi sistem.

  4. Penghubung Sistem
    Penghubung merupakan media penghubung antara satu subsistem dengan subsistem lainnya.

  5. Masukan Sistem
    Masukan adalah energi yang dimasukkan ke dalam sistem.

  6. Keluaran Sistem
    Keluaran adalah hasil dari energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna dan sisa pembuangan.

  7. Pengolah Sistem
    Suatu sistem dapat mempunyai suatu bagian pengolahan atau sistem itu sendiri sebagai pengolahnya, pengolah yang akan merubah masukan menjadi keluaran.

  8. Sasaran Sistem
    Suatu sistem pasti mempunyai tujuan (goal) atau sasaran (objective), suatu sistem dikatakan berhasil bila mengenai sasaran atau tujuannya.
Sumber :
 http://www.bloggergubug.com/2013/02/definisi-sistem.html

0 komentar:

Posting Komentar